Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama berusaha terus meningkatkan mutu pelayanan pelaksanaan ibadah haji dari tahun ke tahun. Hal ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi para tamu Allah sehingga rangkaian ibadah haji dapat berlangsung lancar. Tahun 2024 merupakan tahun pelaksanaan haji dengan jumlah jamaah Indonesia terbanyak dalam sejarah. Peningkatan mutu layanan semakin meningkat kualitasnya dari berbagai sektor.
M. Kumoro Hadi, salah satu jamaah haji dari Kabupaten Rembang mengapresiasi layanan haji di tanah suci. Pelayanan di hotel sangat baik, mendapatkan hotel yang cukup layak kualitasnya. Terutama dalam hal konsumsi para jamaah menilai sangat puas karena menu makanan yang disajikan merupakan khas Indonesia dan cocok di lidah. “Untuk para petugas haji saya menilai cukup tanggap dalam menghadapi berbagai permasalahan termasuk saat ada jamaah yang hilang atau terpisah dari rombongan ketika di Masjidil Haram,” ungkap Ketua Rombongan 6 Kloter 83 tersebut.
Dengan kualitas layanan yang baik ini diharapkan para jamaah dapat fokus dengan kegiatan ibadahnya dan menjadi haji yang mabrur. “Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama Kabupaten Rembang yang telah memberikan fasilitas selama ini,” pungkas Kumoro.
Laporan: Moh. Qomarul Huda
Editor : iqo shofwa