MTsN 3 Rembang – Dewan Galang Pramuka MTs N 3 Rembang didaulat dari Kwaran Sulang untuk menjadi pembawa cikal dalam estafet tunas kelapa pada hari senin (21/8/ 2023).
Pembina pramuka MTs N 3 Rembang menurunkan dua tim dalam estafet ini. Satu tim sebagai tim inti yang terdiri dari sebelas siswa dan ditambah lagi dengan tiga puluh siswa sebagai tim pendukung. Keceriaan pramuka ini nampak begitu terlihat Ketika pasukan pembawa lambang Gerakan pramuka saling berpapasan untuk serah terima cikal sebagai lambang gerakan pramuka, untuk bisa diteruskan menuju titik selanjutnya.
Estafet Tunas Kelapa ini sebagai tindak lanjut dari gerak jalan nonstop cikal yang tercipta dari sebuah nilai kepahlawanan Jendral Soedirman pada saat gerilya mengusir penjajahan dari Negara Indonesia. Dengan adanya estafet tunas kelapa ini diharapkan dapat mengenang rute atau alur perjalanan gerilya para pejuang kita pada zaman dahulu untuk merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Rute gerilya pada waktu itu adalah mencakup wilayah Salatiga, Kedal, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan Grobogan.
Chairur Rohmad selaku wakil kepala bidang kesiswaan menyampaikan bahwa estafet ini berwujud gerak jalan yang memupuk rasa cinta tanah air dan melatih mental serta fisik bagi peserta.
“Estafet tunas kelapa yang berwujud gerak jalan ini memiliki tujuan memupuk rasa cinta tanah air serta melatih mental dan fisik bagi para pesertanya,” katanya di tengah para peserta estafet.
“Estafet tunas kelapa ini dilakukan dengan membawa cikal atau bibit tanaman kelapa yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa menanam pohon kelapa, mengingat bahwa pohon kelapa ini memiliki banyak manfaat dan hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan mulai dari akar hingga ujung daunnya,” terangnya lagi.
Rohmad menambahkan, maksud dari diselenggarakannya estafet tunas kelapa tidak bukan dan tidak lain adalah untuk lebih memasyarakatkan gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan generasi muda, sebagai penerus perjuangan bangsa yang berjiwa dan berwatak Pancasila. — burhan/iq